Omnibus  law;  Perbaikan  hukum untuk siapa?

DSC_0457

 

Tahun  2019  menjadi  tahun  yang  cukup  penting  dan  bersejarah  bagi  rakyat    indonesia  mengakhiri  penghujung  tahun  ini  sedikit  kita  ingat  di  tahun  ini  banyak  terjadi    peristiwa  besar  mulai    peristiwa  alam  misalnya  (gempa,  longsor,  banjir,  gunung  meletus,  tsunami  dll),  juga  peristiwa  sosial  yang  ramai  menjadi  perbincangan  di  seluruh  Indonesia  hingga  politik  dimana  tahun  ini  juga    indonesia  sedang  melakukan  pergantian  kepemimpinan  dari  pemilihan  kepala  desa  serentak  di  berbagai  daerah,  pemilihan  kepala  daerah,  juga  pemilihan  umum  serentak  untuk  memilih  dewan  perwakilan  rakyat  tingkat  daerah  (kota/kabupaten  dan  provinsi)  hingga  pusat-PILPRES.

Tentu  kita  semua  mengikuti  dan  mengetahui  bahwa    tepat  pada  minggu  20  Oktober  2019  telah  dilantik  presiden  Indonesia  untuk  periode  5  tahun  ke  depan,  melalui  sistem  pemilihan  umum  hingga  proses  sengketa  pemilihan  umum  yang  juga  cukup  banyak  menyita  perhatian  seluruh  rakyat  Indonesia  hingga  mungkin  efek  dari  pemilihan  umum  masih  bisa  kita  rasakan    sampai  saat  ini.  Pada  tulisan  kali  ini  kita  tidak  akan  membahas  tentang  bagaimana  proses  politik  berlangsung,  melainkan  adannya  rencana  kebijakan  baru  yang  sedang  di  gagas  oleh  pemerintah  terpilih  saat  ini.

Dalam  pidato  pelantikan  Presiden  dan  wakil  Presiden    di  gedung  DPR  RI  setidaknya  ada  beberapa  hal  yang  di  sampaikan  sebagai  awal  memulai  pemerintahan  baru  meskipun  presiden  terpilih  sudah  menjabat  di  periode  sebelumnya  hanya  wakil  presidennya  yang  berganti,  setidaknya  pidato  awal  adalah  sebuah  gambaran  tentang  bagaimana  dalam  masa  pemerintahannya  dijalankan  dari  sini  kita  bisa  melihat  rencana-rencana  kedepan    salah  satunya  adalah  tentang  kendala  regulasi  yang  menjadi  perhatian  bagi  pemerintahan  saat  ini  dalam  teks  pidato  yang  di  muat  di  beberapa  media  menyebutkan    “yang  ketiga,segala  bentuk  kendala  regulasi  harus  kita  sederhanakan,  harus  kita  potong,  harus  kita  pangkas.  Pemerintah  akan  mengajak  DPR  untuk  menerbitkan  dua  undang-undang  besar.  Yang  pertama,  Undang-undang  Cipta  Lapangan  Kerja.  Kedua,  Undang-undang  Pemberdayaan  UMKM.  Masing-masing  undang-undang  tersebut  akan  menjadi  Omnibus  law,  yaitu  satu  undang-undang  yang  sekaligus  merevisi  beberapa  undang-undang,  bahkan  puluhan  undang-undang.  Puluhan  undang-undang  yang  menghambat  penciptaan  lapangan  kerja,  akan  langsung  direvisi  sekaligus.  Puluhan  undang-undang  yang  menghambat  pengembangan  UMKM  juga  akan  langsung  direvisi  sekaligus”.

Jika  dicermati  pidato  Presiden  terpilih  periode  2019-2024  semangatnya  adalah  bagaimana  Indonesia  menjadi  salah  satu  negara  yang  ramah  investasi,  ini  bisa  kita  lihat  dari  pembangunan    infrastruktur,  kemudahan  per-izin-an  hingga  rencana  kebijakan  peraturan  agar  mempermudah  investasi  baik  dalam  negeri  maupun  luar  negeri,  artinya  semangat  pembangunan  yang  dilakukan  oleh  pemerintah  adalah  pembangunan  dan  kemajuan  ekonomi  ke  depan  adalah  investasi,  dalam  kesempatan  ini  kita  tidak  akan  membahas  apakah  investasi  sebagai  satu  pilihan  yang  tepat  atau  tidak  untuk  mengatasi  persoalan  ekonomi  indonesia,  melainkan  sedikit  membahas  tentang    kendala  regulasi  yang  kemudian  dalam  pidatonya  pemerintah  merencanakan  solusi  penyederhanaan  regulasi  dengan  membuat  satu  undang  undang  pamungkas-sapu  jagat  dengan  menggabungkan  banyak  undang  undang  sebelumnya  dengan  rencana  pembuatan  RUU  Cipta  Lapangan  Kerja  dengan  mekanisme  yang  disebut  OMNIBUSLAW.

 

Omnibus  law  itu  apa?

Sebelum  kita  membahas    omnibuslaw    sedikit  kita  melihat  bagaimana  regulasi  di  indonesia,  berapa  banyak  regulasi  yang  ada  di  indonesia?    menurut  data  penelitian  dari  pusat  study  hukum  dan  kebijakan  indonesia  dilansir  di  laman  Kompas.com  –  15/10/2019,  PSHK  mencatat,  sejak  Oktober  2014  hingga  2018,  ada  7.621  peraturan  menteri.  Peraturan  menteri  terbanyak  dihasilkan  oleh  Kementerian  Keuangan,  kemudian  Kementerian  Perhubungan,  serta  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan.  Sementara  itu,  jumlah  peraturan  presiden  yang  dihasilkan  selama  empat  tahun  mencapai  765.  Sedangkan  peraturan  pemerintah  berjumlah  452.  Artinya  dalam  pembuatan  kebijakan  indonesia  selama  kurun  waktu  4  tahun  ini  cukup  tinggi  belum  di  tahun-tahun  sebelumnya.  Bisa  saja  karena  banyaknya  regulasi  yang  di  buat  kemdian  memunculkan  tumpang  tindih  bahkan  bertabrakan,  misalnya  pemerintah  mengeluarkan  peraturan  tentang  upah  sehingga  di  keluarkan  Peraturan  Pemerintah  No.  78    Tentang  Pengupahan  tahun  2015  yang  sejak  rencananya  sudah  banyak  mendapatkan  penolakan  dari  gerakan  buruh  dari  mulai  aksi  buruh  hingga  melakukan  gugatan  Judisial  review,  salah  satu  alasan  penolakannya  adalah  karena  bertentangan  dengan  undang  undang  no.  13  tahun  2003  tentang  ketenagakerjaan,    tumpang  tindih  seperti  itulah  yang  dimaksud,  itu  baru  salah  satu  contoh,  belum  lagi  peraturan  lainnya.

Dari  satu  sisi  memang  harus  di  akui  banyaknya  kebijakan  yang  tumpang  tindih  menjadi  sebuah  problem  dalam  penerapan  namun  apakah  kemudian  omnibuslaw  menjadi  solusi?  Perdebatan  mengenai  rencana  omnibuslaw  hari  ini  semakin  menguat,  banyak  komentar  kritik  dari  berbagai  kalangan  terkait  rencana  tersebut  di  satu  sisi  pemerintah  terus  ingin  segera  mengesahkan  hal  ini  terbukti  dengan  rencana  omnibuslaw  sudah  masuk  dalam  prolegnas  dan  presiden  dalam  sebuah  media  meyebutkan  telah  berbisik  kepada  ketua  DPR  RI  agar  UU  omnibuslaw  bisa  segera  di  putuskan  dalam  waktu  tiga  bulan.,  sebelum  jauh  mari  sedikit  kita  bahas  tentang  omnibuslaw  sebagai  pengantar.

Secara  harfiah  Omnibus  berasal  dari  bahasa  latin  omnis  yang  berarti  banyak.  Sementara  dari  segi  hukum,  kata  omnibus  disandingkan  dengan  kata  law  atau  bill  yang  berarti  suatu  peraturan  yang  dibuat  berdasarkan  kompilasi  beberapa  aturan  dengan  substansi  dan  tingkatannya  berbeda.

Menurut  Audrey  o  brian  (2009)  Omnibus  law  berarti  suatu  rancangan  undang  undang  yang  mencakup  lebih  dari  satu  aspek  yang  di  gabung  menjadi  satu  undang  undang.  Sedangkan  menurut  barbara  sinclair  omnibus  law  adalah  proses  pembuatan  peraturan  yang  bersifat  kompleks  dan  penyelesaiannya  membutuhkan  waktu  lama  karena  mengandung  banyak  materi  meskipun  subyek,  isu  dan  programnya  tidak  selalu  terkait.

Muhammad  Bakri  dalam  buku  Pengantar  Hukum  Indonesia  Jilid  I:  Sistem  Hukum  Indonesia  Pada  Era  Reformasi  (hal.  47)  menerangkan  konsep  undang-undang  payung  atau undang-undang  pokok,  yaitu  undang-undang  yang  beberapa  pasalnya  meminta  aturan pelaksananya  dibuat  dalam  bentuk  undang-undang  pula.

Beberapa  definisi  tersebut  bisa  disederhanakan  bahwa  Omnibus  law  merupakan  konsep  pembuatan  peraturan  perundang-undangan  yang  mencoba  menggabungkan  beberapa  peraturan  dari  berbagai  subtansi  norma  yang  berbeda  menjadi  satu  peraturan  besar  yang  ketika  di  jadikan  undang  undang  mempunyai  konsekwensi  mencabut  peraturan  perundang-undangan  baik  untuk  sebagian  maupun  seluruhnya.

Secara  historis  omnibuslaw  ini  pertama  kali  lahir  di  amerika  serikat  pada  sekitar  tahun  1888  dalam  perjanjian  privat  pemisahan  dua  rel  kereta  api  di  amerika,  yang  kemudian  berkembang  hingga  pada  tahun  1967  rancangan  omnibuslaw  menemui  ketenarannya  saat  menteri  hukum  di  amerika  serikat  Pierre  Trudeau  mengenalkan  criminal  law  amandemen  bill  (perubahan  uu  pidana)  yang  di  dalamnya  mencakup  banyak  issue.  Di  beberapa  negara  juga  menerapkan  konsep  hukum  omnibuslaw  misalnya  Australia,  Filipina,  Vietnam  dll.  Lalu  bagaimana  dengan  Indonesia?

Rencana  penerapan  omnibuslaw  yang  di  pidatokan  oleh  presiden  terpilih  Indonesia  sampai  saat  ini  masih  menjadi  perdebatan  baik  dari  kalangan  intelektual,  praktisi  hukum,  hingga  organisasi  masyarakat.  Perdebatan  ini  terus  mencuat  karena  rencana  penerapan  omnibuslaw  diangap  terlalu  terburu  buru,di  indonesia  belum  populer  alias  masih  asing  sementara  dari  pihak  pemerintah  ingin  segera  disahkan.sehingga  memunculkan  kekagetan  publik  dengan  respon  yang  tinggi  dari  masyarakat.

Kemunculan  omnibuslaw  di  Indonesia  dari  berbagai  sumber  pemberitaan  dipicu  oleh  adanya  peraturan  perundang-undangan  yang  tumpang  tindih-berbenturan  antar  UU  yang  satu  dengan  yang  lain  sehingga  keadaan  ini  tidak  mampu  memberikan  kepastian  hukum  bagi  investasi,  baik  dalam  hal  perizinan,  ketenagakerjaan,  administrasi  pemerintahan,  kemudahan  dan  yang  lainnya.  karenanya  investor  tidak  memilih  Indonesia  sebagai  tempat  berinvestasi.  Atas  situasi  tersebut  pemerintah  katanya  melakukan  perbaikan  hukum  melalui  meknaisme  omnibuslaw,  tujuannya  adalah  memberikan  kepastian  hukum  dengan  membangun  ekosistem  investasi  dalam  bentuk  kemudahan  berusaha.  Dan  kabarnya,  sejauh  ini  terkait  dengan  ekosistem  investasi  (kemudahan  berusaha)  pemerintah  akan  meng-omnibuslaw-kan  82  UU  terdiri  dari  1.194  pasal  yang  terbagi  dalam  11  klaster  pembahasan.

Perkemangannya,  mendapatkan  respon  cepat  dari  masyarakat  yang  akhirnya  menimbulkan  pro-kontra  dipublik  mulai  dari  kelompok  pakar  hingga  pro  kontra  dikalangan  buruh  itu  sendiri.  Respon  positif  mengenai  omnibus  law  tentu  saja  senada  dengan  pemerintah  bahwa  omnibus  law  akan  mampu  memecahkan  masalah  tumpang  tindih  peraturan  dan  mampu  menarik  investasi  ke  indonesia.  Sebaliknya,  berbeda  dengan  kelompok  kontra  bahwa  penerapan  omnibuslaw  justru  bisa  menimbulkan  masalah  baru  baik  dari  substasinya  maupun  dari  kedudukan  hukumnya  dalam  hirarki  peraturan  perundang-undangan,  karena  tradisi  sistem  hukum  indonesia  yang  menganut  sistem  civil  law  merujuk  UU  12  tahun  2011  tentang  pembentukan  peraturan  perundang-undangan  tidak  mengenal  istilah  omnibuslaw  sehingga  dalam  pembahasannya  begitu  banyak  sektor  membutuhkan  waktu  yang  cukup  lama,  demikian  juga  dalam  implementasinya  yang  membutuhkan  penyusaian-penyusaian.

Selain  daripada  itu,  niatan  omnibuslaw  yang  diperuntukan  untuk  kemudahan  investasi  dengan  target  agar  investor  berbondong-bondong  memilih  Indonesia  sebagai  tempat  berinvestasi  akan  menimbulkan  persoalan  dikemudian  hari  karena  beberapa  hal;

Pertama;  persoalan  substansi  norma  yang  tidak  mencerminkan  asas-asas  materi  pembentukan  peraturan  perundang-undangan.  hal  ini  bisa  kita  lihat  dari  beberapa  perdebatan  materi-materi  muatan  omnibuslaw  cipta  lapangan  kerja,  misalnya  dalam  hal  klaster  ketenagakerjaan  di  perkirakan  membahas  beberapa  issue  diantaranya;

  • Upah yang  akan  didesign  menjadi  fleksibel,  hal  ini  memungkinkan  upah  akan  ditentukan  berdasarkan  kemampuan  perusahaan  dan  berdasarkan  bipartit  melalui  mekanisme  dialog
  • Outsourcing yang  akan  dilakukan  pendefinisian  ulang  berdasrkan  prinsip  easy  hiring,  easy  firing  (kemudahan  untuk  recruitment,  kemudahan  untuk  memutuskan  hubugan).
  • Fleksibility waktu  kerja  yang  diduga  akan  diatur  berdasarkan  kebutuhan  perusahaan,  artinya  bisa  jadi  melebihi  8  jam  kerja-bisa  10  jam,  12  jam,  14  jam  sehingga  tidak  akan  mengenal  istilah  kerja  over
  • Fleksibility kompensasi  pesangon  akan  dimungkinkan  berdasarkan  kemampuan  perusahaan  dengan  batasan  maksimal  19  bulan  upah,  artinya  bisa  2  bulan,  3  bulan,  4  bulan,  5  bulan    berapapun  masa  kerja  seorang  pekerja.
  • Wacana penghapusan  sanksi  pidana  sangat  dimungkinkan  semakin  rendahnya  tingkat  kepatuhan  investor  dalam  penerapan  norma
  • Selain itu,  kemudahan  investasi  mengganti  investasi  berbasis  izin  dengan  berbasis  risko  akan  memungkinkan  investasi  tidak  ramah  lingkungan  dan  pelan-pelan  akan  menggeser  peran  posisi  masyarakat  di  mana  investasi  akan    singkatnya  kedaulatan  rakyat  mejadi  tersubordinasi  tergantikan  dengan  kedaulatan  investasi  bin  investasi.
  • Dan hal-hal  lain  yang  bisa  saja  semakin  merugikan  rakyat  umumnya  dan  pekerja  sebagai  pihak  yang  berkepentingan    karena  keterbatasan  akses  mengenai  draft  omnibuslaw  ini  menjadi  tidak  banyak  yang  bisa  diurai.

kedua;  Omnibus  law  yang  kejar  tayang  tentu  saja  akan  semakin  mendiskreditkan  demokrasi  karena  partisifasi  masyarakat  dalam  keterlibatannya  untuk  turut  serta  memberikan  masukan  maupun  kritik  dalam  pembentukan  sebuah  Undang-Undang  menjadi  hilang  sementara  ketika  ini  sudah  di  sahkan  menjadi  undang  undang  maka  akan  berdampak  kepada  masyarakat  secara  langsung.  sebagai  catatan;  bahwa  maksud  dari  keterlibatan  itu  bukan  alias  tidak  sebatas  formalitas  sekedar  untuk  mendapatkan  legitimasi  dari  berbagai  elemen  masyarakat.  Seolah-olah  dengan  mengundang  terlepas  dari  menolak  atau  menerima  yang  penting  sudah  diundang.

Dengan  demikian,  bila  pemerintah  tetap  mendesakkan  pembahasan  dan  pengesahan  omnibus  law  ini  secepat  mungkin  tanpa  membuka  ruang  demokrasi  seluas-luasnya  bagi  rakyat,  tanpa  mempertimbangkan  substansi  norma-norma  yang  akan  memungkinkan  merugikan  rakyat,  maka  akan  menjadi  kuat  tersimpulkan  bahwa  omnibuslaw  adalah  shortcut  (jalan  pintas)  perlindungan  dan  kesejahteraan  satu  pihak  yaitu  para  investor.

 

***penulis; Ardiansyah pengurus aktif advokasi Federasi Perjuangan Buruh Indonesia

Refrensi;

 

 

 

 

Satu respons untuk “Omnibus  law;  Perbaikan  hukum untuk siapa?

Add yours

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑