Buruh terus menolak rencana revisi UU Ketenagakerjaan versi pengusaha

WhatsApp Image 2019-08-13 at 11.48.10

 

Jakarta (SPB. 13/8/2019). Di dua titik yang berbeda, hari ini Federasi Perjuangan Buruh Indonesia terlibat dalam aksi massa menolak revisi UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Di wilayah Jakarta, FPBI melakukan aksi konvoi mengelilingi kawasan industry pulogadung yang berlokasi di Jakarta timur. Massa membawa alat peraga aksi seperti spanduk dan bendera. Massa aksi melakukan orasi-orasi menyampaikan tuntutan agar pemerintah tidak melakukan revisi UU ketenagakerjaan yang syarat dengan kepentingan para pengusaha.

Disampaikan oleh para orator bahwa UU ketenagakerjaan yang ada saat ini cukup merugikan buruh apalagi ditambahkan dengan revisi versi pengusaha dan disambut dengan cepat oleh pemerintah atas nama investasi, atas nama pertumbuhan ekonomi versi pengusaha, sehingga diduga sangat kuat revisi UU ketenagakerjaan akan semakiin menguntungkan pengusaha, seharusnya pemerintah membuat UU pro Buruh yang mampu memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi buruh.

Sementara di tempat yang berbeda, tepatnya di wilayah Karawang. Ratusan buruh yang tergabung dalam KBPP juga melakukan aksi yang sama yaitu menolak rencana revisi UU ketenagakerjaan versi pengusaha. Massa bergerak dengan menggunakan kendaraan bermotor melakukan konvoi menuju kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

WhatsApp Image 2019-08-13 at 11.40.25

 

Kendati demikian, UU ketenagakerjaan yang sudah lama masuk dalam prolegnas di DPR-RI pasca pilpres tahun ini issue revisinya semakin berhembus kuat. Seiiring dengan itu, konsolidasi buruh juga semakin massif terjadi, hal ini ditandai dengan beberapa rencana aksi-aksi besar buruh/pekerja secara nasional akan dilakukan bulan ini.

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑